CDG : Pengguna CDMA di Indonesia terbesar di Asia Tenggara



The CDMA Development Group (CDG) mengumumkan bahwa untuk kuartal 1 2008, jumlah pengguna CDMA di Indonesia sebanyak 16.3 juta dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna CDMA terbesar di Asia Tenggara.

James Person Chief Operating Officer CDG (06/24) mengungkapkan tingginya pertumbuhan pengguna CDMA di Indonesia di picu oleh ultra low cost handset dan layanan broadband yang ditawarkan para operator.

Berdasarkan data CDG, Vietnam berada di urutan kedua dan tempat ketiga Thailand.

Operator CDMA di Indonesia antara lain Telkom Flexi (Telkom), StarOne (Indosat), Smart Telecom (Smart), Fren (Mobile-8 Telecom), Esia (Bakrie Telecom) dan Ceria (Sampoerna Telekomunikasi Indonesia).

Eddy Sarwono Vice President Product Management PT Telkom mengungkapkan jumlah pengguna Telkom Flexi sampai Mei 2008 sebanyak 7 juta.

Sedangkan, Nadia Diposandjojo Vice President Corporate Communication PT Bakrie Telecom mengungkapkan untuk kuartal 1 2008 jumlah pengguna Esia telah mencapai 4.5 juta dan ditargetkan untuk tahun 2008 sebanyak 7 juta.

James Person lebih lanjut menjelaskan untuk meningkatkan penetrasi CDMA di Indonesia, operator dianjurkan untuk memberikan apa yang diinginkan pelanggan dan lebih meningkatkan layanan broadband karena trendnya akan bergeser dari sekedar komunikasi suara dan sms bergeser ke penggunaan layanan data seperti email, internet browsing, menonton TV dan pengiriman foto.