FREN : Pelanggan Kecewa lagi

Ya, inilah kesekian kali-nya saya kecewa dengan pelayanan dari operator yang satu ini. Setelah dahulu kecewa dengan pelayanan akses data yang amburadul, sekarang saya sangat kecewa [lagi] dengan layanan SMS [Short Message service] yang mereka berikan. Dibawah ini, saya ceritakan pengalaman yang mengecewakan tersebut.

Kemarin [Selasa, 22 Mei 2007], kurang lebih pukul 10.00 WIB, saya mengirimkan broadcast SMS kepada rekan KKN saya. Dalam SMS tersebut, saya membutuhkan balasan dari mereka, karena ada beberapa hal yang cukup penting. Biasanya mereka [baca: rekan-rekan KKN saya], segera membalas jika saya mengirimkan SMS, tapi kemarin sampai pukul 20.00 WIB, tidak ada satupun SMS yang saya terima.

Sekitar pukul 20.30 WIB, saya berinisiatif untuk menghubungi salah satu dari mereka. Ketika saya tanyakan tentang SMS tersebut, dia berkata kalau SMS tersebut sudah dia balas, dan sudah ada report kalau SMS tersebut sudah terkirim. Karena penasaran, saya coba hubungi dua orang lagi dari mereka, dan ternyata jawaban mereka sama, bahwa mereka sudah mengirimkan balasan SMS tersebut sejak pagi, dan sudah ada report bahwa pesan singkat tersebut sudah terkirim.

Langsung saja, pikiran saya tertuju pada layanan SMS dari FREN yang kembali bermasalah. Sekedar informasi, saya pernah mengalami kejadian seperti ini sekitar pertengahan bulan lalu, tapi waktu itu lebih sopan, karena status SMS yang dikirimkan kepada saya masih tertunda, jadi pengirim tahu bahwa saya belum mendapatkan SMS dari dia.

Waktu itu saya juga mengajukan “complain” kepada customer care dan mereka bilang jika waktu itu memang baru ada masalah pada layanan SMS mereka, dan saya harus menunggu sampai perbaikan selesai. Pada malam setelah saya mengajukan keluhan tersebut, mungkin karena perbaikan sudah selesai, saya mendapatkan “bom” SMS yang tertunda.

Tadi malam, saya juga telah mengajukan keluhan lagi kepada customer care, dan dia [baca: customer care] bilang, kalau memang baru ada masalah dengan layanan SMS. Ketika saya tanyakan, kapan masalah ini teratasi, dia tidak bisa menjawab dengan pasti dan harus menunggu dari teknisi yang saat ini sedang bekerja melakukan perbaikan.

Mungkin yang paling mengecewakan buat saya adalah, status SMS yang dikirimkan kepada saya telah terkirim, sehingga pengirim berfikir saya telah menerima SMS dari dia. Seandainya saja, SMS tersebut sangat penting sekali, tentu hal ini akan menjadi masalah dan kerugian besar bagi konsumen.

Dari kemarin pagi, sampai saya menulis tulisan ini, belum ada satupun SMS yang saya terima, sebuah kejadian yang membuat kepercayaan saya yang telah menggunakan FREN pasca bayar sejak 7 bulan lalu ini, mulai memudar. Ya, Jika kejadian seperti ini terulang terus, jangan harap loyalitas konsumen akan tetap terjaga. Hhhmm…. dan sepertinya saya harus benar-benar pindah “ke lain hati” nih.

Buat para pembaca, pernahkan ada mengalami hal seperti ini? jika pernah, apa yang anda rasakan serta lakukan waktu itu? jika belum, bagaimana jika anda dalam posisi saya?